You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sondo
Desa Sondo

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

SDGs- Pemdes Sondo Maksimalkan Peran Tenaga Operator SID di Desa

Administrator 02 Mei 2023 Dibaca 130 Kali
SDGs- Pemdes Sondo Maksimalkan Peran Tenaga Operator SID di Desa

Bima, Sondo.id - Dalam Rangka Percepatan Pemutahiran Pendataan SDGs Tahun 2023, Pemerintah Desa Sondo maksilkan Peran Tenaga Operator SID di Desa.

Hal ini, dimaksudkan bahwa setiap Desa telah memiliki Staf sebagai Tenaga Operator Desa dalam membantu Pemerintah Desa terhadap pengembangan dan Pengelolaan basisdata desa berbasis Sistem Informasi Desa.

Untuk itu, Pemdes Sondo yang didampingi Tenaga Pendamping Lokal Desa secara mandiri mulai mempelajari tata cara penggunaan dan Pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi Desa baik secara Offline maupun Online, sesuai perkembangan era digitalisasi 4.0.

Melalui Pengembangan Sistem Informasi Desa ini, sangat mempermudah Pemerintah Desa akan Kebutuhan Basis Data Desa sebagai arah penetapan Kebijakan Pembangunan Desa, sehingga nantinya dapat diintegrasikan kedalam kebutuhan Pendataan SDGs, Profil Desa/Kelurahan ataupun isian IDM Desa yang akan dimutahirkan setiap Tahunnya" urai PLD Desa Sondo pada Selesa (02/05/2023) di Kantor Desa Sondo

PLD Desa Sondo, Kamaruddin,S.Pd dalam kunjungannya menjelaskan untuk membangun basisdata ini, diperlukan peran semua perangkat Desa, mulai dari jajaran Ketua RT/RW/Kadus selaku urusan dilapangan untuk mulai Mengumpulkan KK Warga lalu dilaporkan ke Kasi Pemerintahan untuk diinput secara berkala oleh Tenaga Operator SID selaku Front Office di Kantor Desa, dan untuk mendanai kegiatan ini dapat digunakan Sumber Pendapatan yang bersumber dari Dana Desa termasuk ouputnya nanti adalah menghasilkan Data SDGs yang dibutuhkan oleh Kemendesa PDTT yang terus dimutahirkan secara berkekanjutan"ungkap Kamaruddin

Lebih lanjut, Kades Sondo Sirajuddin H.Abbas,S.Pd merespon baik langkah-langkah tersebut, sehingga Bersama Sekdes, Kasi Pemerintah dan Tenaga Operator SID mulai Menyusun Rencana Kerja Tindaklanjut dalam percepatan membangun Basidata Desa yang dimaksud, baik secara offline maupun online.

"ini yang kita butuhkan, sehingga kedepan kita tidak lagi disibukan mengumpulkan KK warga untuk Pendataan dan Penyaluran Bantuan, cukup buka Data di Sistem Informasi Desa, maka secara by nik by address, tertuang informasi diri warga yang kita butuhkan" ungkap Kades Sondo.

Turut hadir dalam pertemuan ini diantaranya, Kepala Desa Sondo, Sekdes Sondo, Kabid Keuangan, Kasi Pemerintah, Kepala Wilayah, Tenaga Operator SID, Ketua BPD Sondo dan Tenaga Pendamping Lokal Desa.(red/admin*)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image