You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sondo
Desa Sondo

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

KADES SONDO: BUKTIKAN DIRI JADI DESA UNGGUL

Administrator 16 Mei 2024 Dibaca 64 Kali
KADES SONDO: BUKTIKAN DIRI JADI DESA UNGGUL

Bima, Sondo.id - Sinergi peran dari semua elemen masyarakat dalam menyongsong Lomba Desa, semua pihak terus berpacu dengan waktu dalam melakukan penataan Desa.

Sudah sepekan lebih segala tahapan terus dipacu, baik membuat pagar dan pembersihan pekarangan untuk menyongsong lomba Desa Sondo menjadi duta Kecamatan Monta pada Lomba Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2024.

Kepala Desa Sondo Sirajudin,S.Pd setelah melihat perkembangan maka semakin optimis dalam mengikuti kegiatan lomba Desa. Lomba Desa sebagai wahana untuk evaluasi diri atas pelaksanaan pembangunan masyarakat dan Desa.

"Desa Sondo optimis dengan visi dan misinya yang mengedepankan azas Gotong Royong dan Kekeluargaan mampu survival meski dengan rentang waktu persiapan yang memepet untuk mengikuti lomba" ungkapnya.

Lebih lanjut Kades Sondo menguraikan pandangannya bahwa Perkembangan Desa Sondo penting dievaluasi agar diketahui adanya kemajuan baik dari aspek fisik maupun non fisik.

"Banyak instrumen penilaian dengan merujuk pada indikator yang menjadi acuannya dalam lomba Desa ini, karena kegiatan ini diparalelkan dengan lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)" jelasnya.

Desa Sondo dalam kurun waktu kepemimpinan Bapak Sirajudin,S.Pd selama menjadi Kepala Desa berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) nampak banyak capaian. Sebagaimana rilisan Pemerintah dan Pemerintah Daerah menetapkan status sebagai Desa Berkembang.

"Mendapat pengakuan sebagaimana uraian di atas tentu haruslah mampu dibuktikan" imbuhnya.

Menyandang status Desa Berkembang berarti sebelumnya dengan kategori Desa tertinggal nampaknya tidak mudah. Begitu pula baru-baru ini Desa Sondo masuk pada urutan ke 2 dari 5 Desa pada 18 gugusan Kecamatan dan sebaran 191 Desa dengan kategori Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) 2024 meski masih dipertaruhkan lagi pada jenjangan lanjutan. 

Desa Sondo punya produk unggulan desanya yang memungkinkan untuk dijejali dalam momentum lomba digelar. Ada Product hasil kerajinan dari tangan terampil ibu-ibu kelompok Tenun binaan PKK, hasil tenunan berbahan dasar Galendo dapat dijahit aneka fashion yang dipajang pada Butiq Desa, juga ada Pupuk Organic Cair (POC) dengan Brand Sondo Organic (SONIC) pada rumah produksi  Desa.(Q2000).

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image