You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sondo
Desa Sondo

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Pemcam Monta Gelar Rakor Penyusunan RKPDes Berbasis SDGs Desa Tahun Anggaran 2024

Administrator 07 Agustus 2023 Dibaca 56 Kali
Pemcam Monta Gelar Rakor Penyusunan RKPDes Berbasis SDGs Desa Tahun Anggaran 2024

Bima, Sondo.id - Pemerintah Kecamatan Monta bersama Pendamping Desa Kementerian Desa PDTT Monta menggelar Rapat Koordinasi Percepatan Penyusunan RKPDes Berbasis SDGs Tahun Anggaran 2024 yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat (Senin Pagi, 07/08/2023)

Rakor yang dipimpin langsung oleh Camat Monta ini, dihadiri oleh Seluruh Kepala Desa, Sekdes, Kaur Perencanaan Pelaporan, Ketua BPD se-Kecamatan Monta Serta Pendamping Desa / Pendamping Lokal Desa Kemendesa PDTT Wilayah Monta-Bima.

Dalam arahannya Camat Monta, Muktamirin,S.IP menjelaskan bahwa sesuai Tahapan Bahwa Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2024 paling lambat pada Akhir Bulan September 2024.

"Menindaklanjuti Surat Kepala Dinas PMDes Kabupaten Bima Nomor : 414.3/499/06.16/2023 Tanggal 4 Juli 2023 Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024 sesuai dengan amanat Permendes No. 21 Tahun 2020 bahwa Penetapan RKPDesa paling lambat akhir bulan September Tahun 2023" Ucap Camat Monta

Camat Monta juga berharap agar Kecamatan Monta Masuk 5 Besar dari 18 Kecamatan terkait Percepatan Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2024 dan berharap agar 14 Desa di Kecamatan Monta dapat memaksimalkan Percepatan Capaian SDGs Desa dengan mengoptimalkan Pengembangan Sistem Informasi Desa sebagai Data Dasar dalam mendukung Percepatan Kegiatan Pemutahiran SDGs dan IDM Desa sebagai Program Prioritas Kementerian Desa untuk Pembangunan Nasional Berkelanjutan.

Selain itu, Camat Monta juga menyampaikan beberapa hal diantaranya terkait Percepatan Musdes, Kesamaan Pemahaman Antara BPD dan Kepala Desa dalam Hal Perencanaan Desa, Perlunya peningkatan Anggaran Untuk PKK serta Himbauan kepada masyarakat untuk tetap Waspada Terhadap Kebakaran akhir-akhir ini melalui pertemuan Acara Tahlil dan Do'a. 

Sementara itu, dalam materinya Nurdianzah selaku Korcam Pendamping Desa dari Kemendesa PDTT Monta menjelaskan tentang Pedoman Penyusunan RKPDes Berbasis SDGs Desa Tahun Anggaran 2024, dan memastikan setiap Desa mengalokasikan Kegiatan Penuntasan Pendataan SDGs sebagai Program Prioritas dari Kementerian Desa sesuai Prioritas Penggunaan Dana Desa di Tahun Anggaran 2024.

"Sesuai amanat Permendes No. 21 Tahun 2020 bahwa Penetapan RKPDesa meliputi Tahapan Musdes Perencanaan Tahunan, Pembentukan Tim Penyusunan RKPDes, Pencermatan Pagu indikatif dan Penyelarasan RKPDes, Pencermatan Ulang RPJMDes, dan Penyusunan RKPDes dan Daftar Usulan RKPDes Tahun Anggaran 2024" Ujar Korcam PD/PLD Monta.

Adapun 4 tugas dari tim penyusun RKPDes yang termuat dalam Permendagri 114 Tahun 2014 pasal 34 adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua LPM, Perangkat Desa,Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Unsur masyarakat dan Pelaksana Musdes Perencanan Tahunan adalah BPD"urai Nurdianzah

Rakor yang diisi dengan Sesi Diskusi ini, berlangsung cukup interaktif dimana Para Kades, Sekdes dan Ketua BPD saling bertukar pikiran dalam giat membangun Desa serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pendataan SDGs dimasing-masing Desa.

Hadir dalam Rakor ini, Kepala Desa Sondo Sirajudin H.Abbas, S.Pd didampingi oleh Sekdesnya, Kaur Perenpol, Kaur Keuangan dan Ketua BPD Sondo.

Rakor yang berakhir hingga pukul 12.00 wita ini, berlangsung interaktif dan ditutup dengan Penetapan Jadwal Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2024 oleh Pemerintah Kecamatan (Admin*)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image