You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sondo
Desa Sondo

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Pemdes Sondo, Laksanakan Monitoring dan Evaluasi Capaian SDGs Tahun 2023

Administrator 18 Juli 2023 Dibaca 83 Kali
Pemdes Sondo, Laksanakan Monitoring dan Evaluasi Capaian SDGs Tahun 2023

Bima, Sondo.id - Dalam Rangka Percepatan Capaian Pendataan SDGs Desa, Pemerintah Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima melakukan monitoring dan evaluasi Capaian pendataan SDGs Pada Selasa Pagi, (18/07/2023)

Bertempat di Kantor Desa Sondo Rapat Evaluasi yang dipimpin Langsung Oleh Sekretaris Desa Sulaiman, S.Sos menjelaskan bahwa Monitoring dan evaluasi tersebut dilakukan kepada seluruh petugas pendata SDGs.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui sampai dimana para petugas melakukan pendataannya serta jika terdapat kesulitan, agar dapat segera dievaluasi dan dipecahkan bersama. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kades Sondo, Sirajuddin H.Abas,S.Pd agar para Petugas terutama Enumerator dapat memaksimalkan laporan Pendataannya baik secara manual maupun laporan Online pada E-link SDGs Kemendesa.

Sementara itu, ditempat yang sama Kamaruddin,S.Pd selaku Pendamping Lokal Desa dari Kemendesa PDTT RI memaparkan bahwa Percepatan Pencapaian Pendataan SDGs menjadi Perhatian Kementerian Desa.

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023, diprioritaskan untuk program kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa. 

Disebutkan pula, berdasarkan Data capaian sebagai bahan evaluasi Tim Petugas SDGs bahwa Hasil review capaian keseluruhan Skor SDGs Desa Sondo telah mencapai 46.6" kata Pendamping Lokal Desa

Ia juga menambahkan bahwa melalui Rapat Evaluasi ini diharapkan kepada semua pendata dapat memberikan data yang sesuai dengan di lapangan, sehingga kedepannya akan didapatkan data yang valid dan akurat dalam Percepatan Pembangunan Desa.

Lebih lanjut, berdasarkan sejumlah uraian kendala yang dihadapi oleh masing-masing Petugas, termasuk Kendala Aplikasi dan server SDGs yang sering Maintenance yang digunakan oleh Petugas tahun sebelumnya, Maka Pemerintah Desa Sondo didampingi Pendamping Lokal Desa kemudian menyusun Rencana Kerja Tindak Lanjut, dimana Memastikan Seluruh Petugas dapat menggunakan User e-link SDGs Kemendesa, dengan melakukan Registrasi dan Update ulang User Enumerator dan admin Desa, memastikan para petugas telah sukses melakukan Login sesuai ID masing-masing dan mulai melakukan Pengisian Kuesioner secara Online pada e-Link SDGs Kemendesa yang datanya bersumber dari instrumen kuesioner data Manual yang telah diisi dan disurvey oleh para petugas sebelumnya.

"Selanjutnya, Hasil inputan Bapak/Ibu Enumerator akan kami monitoring bersama Admin Desa secara berkala, sehingga capaiannya dapat terukur dan terarah. Hasil inputan online inilah yang akan menjadi skoring SDGs Tingkat Desa Sondo Periode 2023 nantinya" ucap Kamaruddin, S.Pd

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini, dilanjutkan dengan Bimbingan teknis untuk mereview dan penguatan Materi Survey baik Survey Individu, Survey KK, Survey RT dan Survey Desa.

Adapun Target pendataan tersebut adalah sampai dengan tanggal Pertengahan Bulan Agustus 2023 mendatang. (red/admin)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image