You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sondo
Desa Sondo

Kec. Monta, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Sondo Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Pemdes Sondo Gelar Kegiatan Do'a So Menandai Masuk Masa Tanam pada Musim Hujan 2023.

Administrator 06 Desember 2023 Dibaca 81 Kali
Pemdes Sondo Gelar Kegiatan Do'a So Menandai Masuk Masa Tanam pada Musim Hujan 2023.

Bima, Sondo.id - Pemdes Sondo Gelar Kegiatan Do'a So Menandai Masukn Masa Tanam pada Musim Hujan (MH) 2023.

Pertanian adalah salah satu sektor penting dalam perekonomian suatu negara, terutama di negara-negara agraris seperti Indonesia.

Bertempat di lokasi Kelompok Tani So DIMPA  digelar Do'a So (6/12/2023) yang dihadiri oleh pihak BPP, UPTD Pertanian, Danramil, Kapolsek bersama Pemdes serta warga tani dalam 18 wadah Klp Tani lingkup Desa Sondo Kec. Monta.

Dalam memasuki masa tanam pada Musim Hujan (MH) tahun 2023 Pemdes Sondo melakukan rangkaian kegiatan dalam pembangunan sektor pertanian. Oleh karena itu, kegiatan Doa So merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dan menjadi kewajiban untuk dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sondo.

Kisman, SH. M.M mewakili Pengurus Kelompok Tani dalam pengantar Panitia Pelaksana menyatakan "Bahwa ritual doA So merupakan agenda tahunan yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah bersama masyarakat Desa Sondo. Karena hal tersebut merupakan perintah Regulasi di Desa Sondo" sejak tahu 2014.

Sirajudin, S.Pd, Kepala Desa Sondo dalam sambutannya menguraikan dengan menyadari "Bahwa sebagaimana ketentuan Perdes Nomor 1 Tahub 2014 Tentang Program Pertanian Desa Sondo, telah menetapkan agenda wajib untuk menyelenggarakan do'a So". Untuk mengukuhkan komitmen dan konsistensi kita bersama dalam menaati aturan yang ada.

Melalui kegiatan ini pula,  pemerintah Desa Sondo dapat mengerahkan Warga Tani melalui Kelompok Tani (Poktan) agar mendapat mendapat penyuluhan tentang managemen pertanian bagi para petani. Penting bagi petani untuk memahami proses kegiatan pertanian yang akan lakukannya karena petani sejatinya adalah seorang manager dalam tata usaha pertanian yang digelutinya. 

Penting dipahami, mulai persiapan lahan, pemilihan benih yang sesuai, dan penyediaan sarana pertanian lainnya.

Senada dengan itu, Rifaid, S.ST Kepala BBP Kec. Monta dalam penyampaian arahannya mengemukakan "bahwa program pertanian desa juga dapat memberikan pelatihan kepada petani mengenai teknik pertanian yang baik dan benar, sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas tanaman mereka".

Ketepatan dalam menentukan masuknya masa tanam pada musim hujan tidak dapat terlepas dari penggunaan kalender musim. Dengan menggunakan kalender musim yang akurat, petani dapat mengetahui kapan tepatnya musim hujan akan dimulai, sehingga mereka dapat menyiapkan lahan dan benih dengan tepat waktu.

Penggunaan kalender musim ini juga dapat membantu petani untuk mengatur jadwal pemeliharaan tanaman yang optimal, sehingga hasil panen yang diperoleh dapat maksimal.

Selain itu "Penerapan teknologi pertanian juga menjadi bagian penting. Dengan adanya teknologi pertanian modern, petani dapat memanfaatkan berbagai alat dan mesin pertanian untuk mempermudah proses bercocok tanam, mulai dari penyiapan lahan hingga panen. Selain itu, teknologi pertanian juga dapat membantu petani dalam hal pemantauan kondisi tanaman, pengendalian hama dan penyakit tanaman, serta sistem irigasi yang efisien.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pembacaan doA, maka dengan segala semoga Allah SWT meridhoi kesuksesan dan keberkahan usaha serta dijauhkan dari segala hama dan bencana.(Q2000).

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image